Rabu, 19 Mei 2010

TUGAS 5

Judul : sistem penjualan

sistem penjualan


Sistem penjualan yang baik adalah sistem yang dapat mengakomodasi mulai dari input barang, output barang sampai dengan pembuatan laporan yang baik. Untuk itu, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, seperti tingkat harga yang ada di pasaran, jenis jenis barang yang dijual bervariatif, bujet yang tersedia,serta hubungan antara penjual dan konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung.

System penjualan konvensional yang masih berjalan pada perusahaan - perusahaan konvensional mengakibatkan timbul banyaknya permasalahan dimulai dari proses yang lama, aliran data yang rumit, sampai pada tahap terakhir yaitu tahap pembuatan laporan penjualan kepada pemilik usaha.

manfaat sistem penjualan :

  1. bagian bagian tertentu tidak akan dilakukan secara manual karena semua kalkulasi penjualan, penerimaan, bunga dan lain-lain akan langsung secara otomatis dikalkulasikan oleh sistem yang berjalan
  2. mengurangi jumlah SDM yang diperlukan dalam melakukan suatu pekerjaan (peningkatan efektifitas)

fungsi sistem penjualan :

  1. melakukan kalkulasi data input output yang ada di dalam perusahaan dan langsung mengeluarkan hasilnya berupa laporan keuangan yang siap dilaporkan kepada pemilik usaha tanpa ada intervensi dari pegawai pegawainya sehingga mengurangi resiko terjadinya korupsi di dalam tubuh perusahaan tersebut.
  2. melakukan pendataan / pengarsipan / backup data penjualan apabila sewaktu waktu diperlukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar