Rabu, 19 Mei 2010

TUGAS 4 perencanaan SDLC

perencanaan (SDLC)

1. Fase Awal Pengembangan Sistem

Fase awal pengembangan sistem mengutamakan kemampuan pemakai dalam mengoperasikannya. Fase awal terdiri dari :
• Perencanaan sistem
• Analisis sistem
• Perancangan sistem secara umum/konseptual
• Evaluasi dan seleksi sistem


1.1 Fase Perencanaan Sistem
1.1.1 Latar Belakang Pengembangan Sistem

Perdagangan di Indonesia saat iniah satunya dibidang penjualan makanan ringan. Bila di teliti lebih jauh makanan ringan sangatlah di minati oleh banyak konsumen, termasuk untuk di jadikan oleh – oleh.

Belakangan ini banyak para konsumen yang berasal dari luar kota yang sering berlibur ke daerah-daerah wisata untuk melepas kejenuhan, termasuk berlibur ke daerah Bogor. Selain tempatnya yang strategis dan nyaman , daerah ini sering sekali menjadi tempat pusat berbelanja para konsumen .

Oleh karena itu, toko oleh – oleh bogor ini yang beralokasikan di jalan Tajur Bogor menyediakan tempat makanan ringan sekaligus menyediakan pemesanan makanan ringan untuk sekedar di jadikan oleh – oleh. Untuk mengimbangi kemajuan penjualan – penjualan tersebut serta makin banyaknya para minat konsumen dalam membeli dan seiringnya kemajuan tehnologi saat ini maka dibutuhkan aplikasi untuk memudahkan dalam bidang penjualan untuk melakukan transaksi pemesanan dan pembelian makanan ringan yang efisien dan efektif, agar pemilik tidak melakukan transaksi secara tidak terorganisir dengan baik (secara manual).

Tujuan penulis ilmiah ini agar penulis dapat mengetahui lebih jauh tentang struktur organisasi pada toko oleh – oleh bogor ini. Untuk mengatasi kendala yang dihadapi penulis mencoba membuat Aplikasi penjualan toko dengan menggunakan Visual Basic 6.0 dan Microsoft Access, yang akan membantu transaksi penjualan toko agar tidak ada lagi kesalahan pendataan makanan, dan hanya pemilik atau orang yang diberi kepercayaan yang dapat mengakses aplikasi ini, karena untuk akses aplikasi ini harus melalui pengisian password yang hanya diketahui oleh pemilik atau orang yang diberi kepercayaaan agar setiap transaksi yang dilakukan dalam keadaan aman.

1.1.2 Tujuan Dari Pengembangan Sistem

untuk memberi kemudahan dalam bidang penjualan untuk melakukan transaksi pembelian dan pemesanan, serta penyimpanan data yang lebih terorganisir, lebih efisien dan efektif dengan menggunakan aplikasi tersebut yang di atas.

1.1.3 Batasan Masalah

memberi informasi tentang aplikasi bidang penjualan untuk melakukan penginputan data jenis barang,penginputan data barang, transaksi penjualan, dan data-data penjualan secara detail. Yang semula tidak terorganisir dengan baik (secara manual), kemudian dikembangkan menggunakan aplikasi komputerisasi dengan menggunakan bantuan aplikasi Visual Basic 6.0, Sistem Operasi Windows XP, dan Database Microsoft Accses 2007.

1.1.4 Studi Faktor Kelayakan

  • Kelayakan Teknis

Perancangan Sistem penggajian ini membutuhkan spesifikasi berstandar seperti.
OS Windows XP
128MB RAM
500MB HDD
Video card standar

  • Kelayakan Ekonomis

Sistem ini mempunyai nilai yang ekonomis yang tinggi, karena dapat mengurangi jumlah karyawan yang dipekerjakan sehingga akan mengurangi jumlah cost yang harus dikeluarkan setiap bulan nya.

  • Kelayakan Legal

Pada sistem penggajian ini perlu dipertimbangkan dengan hubungan perusahaan dengan pihak perizinan dalam hal ini pemerintah apakah pengembangan yang dilakukan menyalahi izin usaha atau tidak

  • Kelayakan Operasional

Pada sistem ini, mungkin masih diperlukan training training kepada para pegawai yang akan mengoperasikan sistem ini. sehingga kemungkinan terjadinya error dapat diperkecil

  • Kelayakan Rencana

Pada sistem ini hanya membutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk membuat sepenuhnya sistem ini dapat dioperasikan.

1.1.5 Studi Faktor Strategis

Produktifitas

tentusaja setelah diberlakukan nya sistem baru ini akan menungkatkan produktifitas karyawan, karena berkurangnya beban pekerjaan yang harus di emban oleh karyawan

Difirensiasi

dengan adanya sistem ini penjualan yang bersifat komputerisasi, tentusaja proses yang diberikan akan lebih cepat dan lebih mudah dilakukan, proses pembagian lebih terstruktur, lebih mudah dan cepat.

Manajemen

Pada perancangan ini dapat menyediakan informasi yang berguna bagi pemilik toko. karena kelebihan nya dalam fasilitas data store serta alur data yang menjadi lebih mudah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar